Minggu, 13 Januari 2013

Apa itu Virus ?

Dalam dunia Komputer terutama dalam Sistem Operasi,Virus merupakan musuh bagi Sistem Operasi.
yang dapat merusak file sistem dalam format apa saja didalam sistem komputer yang menyebabkan komputer menjadi Hang.


Nama ‘virus’ pertama kali digunakan oleh Len Adleman pada 3 November 1983 setelah virus menyebar selama 2 tahun. Tetapi banyak orang menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus Brain yang justru muncul pada tahun 1986. Orang- orang menganggap virus yang pertama muncul adalah Brain karena virus ini yang paling popular dan paling luas penyebarannya. Lahirnya juga bersamaan dengan virus PC-Write Trojan dan Vindent.
Sebenarnya, virus komputer yang pertama adalah virus Elk Cloner yang muncul sekitar tahun 1981 di TEXAS A&M. Virus ini menyebar melalui disket Apple II yang telah memiliki sistem operasi sendiri.
Pada perkembangannya virus komputer menjadi sangat ganas dan membuat takjub karena sejak saat itu virus komputer menguasai dunia. Setelah satu tahun kemunculannya, virus-virus pertama biasanya menginfeksi file berekstensi *.exe. Virus ini bernama Suriv dan termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Kecepatan penyebarannya cukup menghebohkan untuk saat itu. Virus ini menyerang mainframe-nya IBM sekitar satu tahun.
Tahun 1988, muncul serangan besar terhadap Machintosh oleh virus MacMag dan Scores sementara jaringan Internet diserang habis-habisan oleh virus buatan Robert Morris. Tahun 1989 ada orang yang mengirim file “AIDS information program”, begitu file ini dibuka yang didapat bukannya info tentang AIDS, tapi virus yang mengenskripsi harddisk dan meminta bayaran untuk kode pembukanya (belakangan virus jenis ini disebut dengan Trojan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar