Minggu, 13 Januari 2013

Jenis - Jenis Virus

Berikut ini adalah beberapa jenis virus yang tersebar di seluruh dunia.
*        Virus Makro
Pasti hampir semua orang telah mengetahui jenis virus ini, jenis virus ini akan berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik. Virus makro ini akan menginfeksi Dokumen Ms. Word yang menggunakan makro, biasanya berekstensi *.DOT dan *.DOC.
*        Virus Boot Sector
Virus boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer.
*        Stealth Virus
Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal dengan “Interrupt interceptor”. Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya. Contoh virus :
- Yankee.XPEH.4928, menginfeksi file berekstensi *.COM dan *.EXE ; Panjang 4298 bytes; Karakteristik: menetap di memori, ukuran tersembunyi, memiliki pemicu.
- WXYC (yang termasuk kategori boot record dan kategori stealth), menginfeksi floopy an motherboot record; Panjang 520 bytes; Karakteristik: menetap di memori; ukuran tersembunyi (tentu saja virusnya juga tersembunyi).
- Vmem(s): Menginfeksi file-file *.EXE, *.SYS, dan *.COM ; Panjang 3275 bytes; Karakteristik: menetap di memori, ukuran tersembunyi, dienkripsi.
*        Polymorphic Virus
Virus ini dirancang buat mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain. Contoh virus:
- Necropolis A/B, menginfeksi file *.EXE dan *.COM; Panjang file 1963 bytes; Karakteristik: menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi, terenkripsi dan dapat berubah ubah struktur.
- Nightfall, menginfeksi file *.EXE; Panjang file 4554 bytes; Karakteristik : menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,memiliki pemicu, terenkripsi dan dapat berubah-ubah struktur.
*        Virus File/Program
Virus ini menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM. Biasanya hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya. Virus Komputer ini juga dapat menyerang file dokumen dalam Windows dengan extensi *.DOC, selain itu virus-virus file baru banyak yang diprogram dibawah sistem operasi Windows, dan sudah tidak menggunakan Low Level Language (Assembly) , melainkan dengan High Level Language (HLL). Virus Komputer ini biasa dibuat dengan Visual Basic, Java Script, VB Script, Visual C++ dan lain sebagainya. Biasanya virus yang diprogram dengan HLL ini dapat disebarkan melalui Internet dalam bentuk E-mail Attachment . Virus komputer jenis ini lebih luas dan lebih cepat perkembangannya di bandingkan virus file yang beroperasi dalam lingkungan DOS.
*        Multi Partition Virus
Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file. Artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar