Minggu, 13 Januari 2013

Mengenali Virus

Virus Komputer dapat dibedakan menjadi 3 kelompok besar, yaitu :
1. Virus Jinak
Virus yang tidak melakuan aksi-aksi destruktif , maka akan disebut virus jinak, biasanya virus jenis ini melakukan hal-hal seperti dibawah ini:
ö  Rutin untuk membunyikan port speaker dengan nada-nada tertentu, seperti irama  lagu ( Virus Mozzart ), tembakan ( VCL Based Virus ).
ö  Rutin untuk mempause / menghentikan komputer setelah beberapa jam komputer yang  terinfeksi dipakai. Contohnya Virus Ambulance
ö  Rutin untuk mengurangi RAM , sehingga komputer berjalan lebih lambat, walaupun memakai Prosesor P.II 233 Mhz akan seperti Proc. 486
ö  Rutin untuk merestart komputer pada waktu-waktu tertentu ( NRLG Based Virus )
ö  Rutin untuk mengacaukan keyboard, seperti mengacaukan letak huruf pada keyboard  (Virus KeyPress ), atau memindahkan susunan tombol keyboard 1 tombol disebelahnya ( Virus Typo COM )

2. Virus Ganas
Yang termasuk dari jenis virus ini adalah virus-virus yang mempunyai aksi-aksi yang merugikan, dan biasanya kerugian yang diakibatkan oleh jenis virus ini tidak dapat dipulihkan.Yang termasuk rutinitas merugikan atau berbahaya dari virus ini adalah:
ö  Rutin untuk menghapus file, atau seluruh file dalam disket maka data pada disket tersebut akan hilang, contoh dari virus ini BLODY Virus.
ö  Rutin untuk memformat hard disk, maka otomatis data yang ada pada hard disk juga akan ikut hilang, contoh dari virus ini adalah virus AIDS II
ö  Overwriting file target, virus ini akan merusak program yang ditulari, sehingga program tidak dapat dipakai lagi, sebagai contoh dari virus ini adalah VOOTIE.B.66 virus, yang akan mengoverwrite permulaan file targetnya sebanyak panjang badan virus, yaitu 66 Bytes.
ö  Rutin untuk mengacaukan kerja printer, yang akan merusak dokumen yang akan dicetak atau diprint, contohnya virus SUPERNOVA.
ö  Rutin untuk membebani server atau attachment E-Mail, rutinitas ini biasanya digunakan oleh virus yang bekerja dibawah file operasi Windows  atau Unix, sebagai contoh virus Melissa, dan virus Prilissa.
3. Virus Destruktif
Virus Komputer jenis destruktif Ini yang biasanya paling ditakuti orang, karena daya rusaknya yang besar dan juga dapat menghancurkan sofware maupun hardware, sehingga kerugian yang diakibatkan oleh virus ini sangat besar.
Virus komputer jenis ini sangat besar, karena mereka banyak melakukan perusakan terhadap hardware, contoh rutinitas virus yang termasuk kategori destruktif antara lain:
ö  Rutin penghancuran FAT dan/atau directory pada hard disk , dengan cara melakukan pemformatan pada track 2, sector 0, sampai track 3 sector 1 pada side 0 sehingga harddisk tidak akan bisa dipakai, atau membuat Bad Sector Pada side 0, tarck 0, sector 0 (pada boot record ), sehingga harddisk tidak dapat diformat. Contoh dari virus ini adalah DEVIL DANCE Virus.
ö  Rutin menghancurkan BIOS, sehingga komputer tidak mengenali lagi peripherial yang dipasang pada komputer tersebut dan akan merusak hard disk dan mainboard, contoh virus ini adalah virus CIH yang dibuat oleh Cheng Ing Hau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar