Minggu, 13 Januari 2013

Sifat - Sifat Virus

Sifat dasar yang pasti dimiliki oleh virus adalah sebagai berikut:
1.  Kemampuan untuk mendapatkan informasi
Tentu saja virus dirancang untuk mendapatkan informasi tentang seluk-beluk komputer korban, seperti  letak boot record, letak suatu file, letak suatu partisi, dll
2. Kemampuan untuk memeriksa suatu program
Suatu virus harus memiliki kemampuan ini untuk memeriksa suatu file apakah telah terinfeksi virus atau belum, karena jika telah terinfeksi akan sia-sia saja menularinya.

3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri
Kemampuan ini memang sifat asli virus karena tanpa kemampuan ini pasti tidak akan keren (dalam bahasa kasar impoten). Dengan kemampuan ini virus akan memperbanyak dirinya pada file-file yang belum tertular dan semakin lama maka akan semakin cepat pula menggandakan diri.
4. Kemampuan melakukan manipulasi
‘Tugas’ suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file. Program virus memiliki kemampuan yang sama dengan Operating System yang digunakannya sehingga dapat membuat gambar atau pesan pada monitor, memanipulasi file yang ditulari, merusak file, dsb.
5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri
Ini adalah kemampuan yang harus di miliki suatu virus, karena dengan kemampuan ini user (pengguna komputer) tidak mudah menemukannya sehinnga suatu virus akan lancar menjalankan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar